Senin, 23 April 2012

Tugas 2 teknologi informasi dan multimedia

2. Perangkat Lunak Multimedia
Merupakan komponen-komponen yang terdapat di dalam data processing system berupa  program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

2.1. Bahasa Pemrograman Multimedia
    Merupakan media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
- Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll
2.2. Perangkat Lunak System Multimedia
Terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
- DOS (Disk Operating System)
- Windows 95 / 98 / 2000/ 7
- Windows NT / XP
- Linux

2.3 Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti di bawah ini :
- Media Player
- Audio / Video Editor
- Graphic / Image Viewer

Perbedaan MP3 dan MP4

MP3 adalah kependekan dari MPEG-1 Audio Layer 3. Hal ini digunakan untuk audio dan menggunakan algoritma kompresi. Ini adalah salah satu format audio yang paling umum digunakan tersedia dan telah menjadi standar untuk beberapa waktu.

MP4 adalah singkatan dari MPEG-4 Part 14. Mp4 didasarkan pada Mpeg-4 Part 12 yang pada berdasarkan tipe MOV Apple. MP4 merupakan format kontainer, artinya digunakan untuk menyimpan audio dan atau data video.
     Dari kedua penjelasan diatas, maka didapat perbedaan bahwa MP3 adalah format kompresi audio yang digunakan untuk kompres dan menyimpan audio pada komputer. Mp4 adalah suatu wadah format media yang digunakan untuk menyimpan banyak jenis media pada komputer. Oleh karena itu, sebuah MP3 dibatasi sehubungan dengan metode kompresi dan hanya dapat menyimpan audio. MP4 di sisi lain dapat menyimpan video serta audio. Ia bahkan bisa menyimpan subtitles untuk sebuah file video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar